Tips Agar Rumah Anda Tidak Terkena Banjir

Tips Agar Rumah Anda Tidak Terkena Banjir - Akhir tahun ini berarti bahwa musim penghujan telah tiba, ancaman banjir pastinya akan selalu menghantui apalagi anda tinggal di tempat yang rawan banjir. Saat banjir tiba-tiba datang, pastinya yang paling di khawatirkan adalah kerusakan pada bagian rumah yang pada akhirnya akan melakukan renovasi lagi.

Jika anda tidak memiliki biaya untuk renovasi rumah, maka sebaiknya anda harus mencegah air masuk ke rumah anda sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan renovasi rumah jika air masuk ke dalam rumah. Ada beberapa tips untuk mencegah air masuk ke dalam rumah anda.

Membuat Tanggul Rumah

Hal ini dapat mencegah air masuk kedalam rumah Buatlah sebuah tanggul di depan teras ataupun dekat pintu masuk rumah. Tanggul dapat berupa papan yang dipaku ataupun tumpukkan karung pasir. Dengan begitu, tanggul dapat menghalau air banjir untuk masuk ke dalam rumah.

Saluran Pembuangan

Cobalah untuk mengecek saluran pembuangan anda. Cek dengan seksama apakah di dalam selokan tersebut ada sampah atau tidak. Sampah didalam selokan ini dapat menyumbat pergerakan air sehingga menyebabkan banjir dan akhirnya air menggenangi rumah anda.

Menutup Lubang Drainase

Air biasanya masuk melalui lubang drainase, maka dari itu, sebaiknya anda menutupnya dengan kain ataupun lilin. Hal ini tidak serta-merta mencegah banjir tapi minimal menghambat datangnya air masuk.

Menanam Tanaman

Menanam tanaman yang dapat menyerap air ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi dampaknya banjir. Beberapa jenis pohon yang dikenal dapat menyerap air adalah pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, dan palem putri.

Komentar